Cara Membuat Wallet Ethereum untuk menampung Coin Gratisan Airdrop atau ICO

IndexBerita / 17 Oktober 2017 / Teknologi


Ilustrasi Wallet

Dunia cryptocurrency saat ini lagi demam Initial CoinOffering (ICO) dan Airdrop token/coin baru. Ada banyak sekali project-project token baru dan pembagian token gratis dengan standard Ethereum ERC20, namun sering sekali banyak yang salah memberikan alamat Wallet Ethereum. 

Salah satu contoh kesalahan tersebut adalah dengan menggunakan alamat wallet Ethereum Exchanger (Bursa/Market Cryptocurrency) padahal jika token jenis baru yang dikirim ke wallet tersebut maka yang terjadi token tersebut akan hangus atau hilang, maka pastikan untuk tidak menggunakan Wallet Exchanger jika anda sedang mengikuti ICO / Airdrop Token yang berbasis Ethereum ERC20.

Selain itu ada satu kesalahan lainnya, yaitu memberikan private key kita ketika pendaftaran ICO / Airdrop. Ini adalah kesalahan fatal, Private Key tidak sama dengan Address / Alamat Wallet, walaupun address bisa didapatkan dari private key tersebut namun memberikan private key sama saja dengan memberikan dompet anda yang sedang terbuka kepada orang lain, uang anda bisa lenyap.


Cara Membuat

Pada umumnya, jika disebut Token maka dapat dipastikan perlu menggunakan Wallet yang berstandard ERC-20 Ethereum. Salah satunya yang terkenal ada wallet MYETHERWALLET, bisa didapatkan melalui https://www.myetherwallet.com, berikut ini step-stepnya:

  1. Buka website https://www.myetherwallet.com
  2. Pada menu "Create New Wallet", kita diminta untuk memasukkan password. Pastikan password minimal 9 karakter dengan kombinasi huruf besar dan huruf kecil disertai angka.
     /></div></li><li>Catat password tersebut di tempat yang mudah diingat, <strong>jangan sampai hilang!</strong></li><li>Klik tombol
  3. Kemudian akan tampil halaman untuk menyimpan Keystore anda, klik tombol "Download Keystore File". Pastikan file tersebut disimpan dan amankan dari kehilangan, serta jangan dishare ke orang lain.
     /></div><br /><div style={iklan}

  4. Halaman berikutnya adalah halaman Private Key, dimana anda diminta untuk menyimpan Private Key tersebut, pastikan Private Key nya jangan dibagikan kepada orang lain, dan jangan sampai hilang.
     /></div></li><li>Langkah berikutnya untuk mendapatkan Address / Alamat Wallet yang dapat digunakan untuk menerima transfer token dari airdrop ataupun ICO adalah pada langkah berikutnya yaitu Print Paper Wallet"
     /></div></li><li>Pada contoh di atas maka Address / Alamat Wallet anda adalah <span style=0xe01A38FE68996D8f13eC532bC1C32582512cbA70 (jangan menggunakan alamat wallet contoh ini)


Cara menampilkan Saldo / Balance Wallet

Untuk menampilkan Saldo, gunakan aplikasi android yang bernama ImToken. Caranya:
  1. Download aplikasi ImToken melalui Play Store
  2. Klik menu Create Wallet
  3. Klik tombol Import Wallet
  4. Pilih tab Private Key
  5. masukkan Private Key yang kita dapat dari tutorial di atas
  6. masukkan password baru untuk memproteksi Wallet baru kita tersebut
  7. Klik Start Importing
  8. Selesai, selanjutnya anda bisa melihat saldo token anda, jika ada token baru yg ditransfer masuk akan tampil secara otomatis




wallet ethereum bitcoin cryptocurrency airdrop ico




Artikel Terkait

Cara Membuat Wallet Waves Untuk Menerima Airdrop Coin Gratis

Salah satu platform cryptocurrency yang sering digunakan untuk coin-coin baru adalah Waves. Banyak event airdrop yang sedang berjalan saat ini menggunakan platform Waves, oleh karena itu kami akan memaparkan cara membuat wallet Waves untuk menampung coin gratisan tersebut.


Cara mengetahui Bitcointalk ID, Username, dan Link Profile

Seringkali dalam sebuah Airdrop Coin/Token Cryptocurrency kita diminta User ID, Username, atau Link Profile dari akun Bitcointalk.org,untuk mengetahuinya sebenarnya mudah, tapi jika salah mengirim akibatnya bisa fatal anda bisa gagal mendapatkan coin/token airdrop. Lalu bagaimana cara yang benar? 


Rahasia membaca pesan Whatsapp tanpa ketahuan si pengirim

Jengkel dengan pesan Whatsapp dari seseorang tapi tidak ingin dia tahu anda membaca pesannya? Ikuti trik berikut ini